PENERIMAAN PENGHARGAAN ADIWIYATA KABUPATEN SIGI

        Sigi (15/1/2017), SMA Negeri 6 Sigi memperoleh penghargaan adiwiyata yang merupakan penghargaan terhadap sekolah yang berdedikasi terhadap lingkungan sekitar. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Bupati Kabupaten Sigi (Muhammad Irwan Lapata, S.Sos., M.Si.) dan diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Sigi (Elvina Trisyawati, S.Pd,M.Pd) di lingkungan kantor pemerintahan Kabupaten Sigi.

Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap tujuan sekolah SMA Negeri 6 sigi yang mencanangkan bahwa pembelajaran berbasis lingkungan sekitar. Siswa tidak lagi hanya berorientasi dalam kelas tetapi bisa memakai dan memanfaatkan alam sekitar untuk menunjang proses belajar mengajar. Berbagai bentuk pemanfaatan alam telah dilakukan oleh SMA Negeri 6 Sigi, seperti biopori untuk menanggulangi genangan air ketika musim penghujan tiba, area Green House untuk mengembangkan dan melestarikan tanaman budidaya, sampai dengan kantin sekolah yang tidak menjual makanan berpengawet dan minim penggunaan plastik.

Pencapaian ini juga tidak akan tercapai jika seluruh keluarga SMA Negeri 6 Sigi tidak bahu membahu untuk menciptakan sekolah yang asri, indah, dan berbaur dengan alam sekitar. siswa tidak diperbolehkan lagi membuang sampah disembarang tempat, adanya tempat pembuangan sampah yang terpisah antara yang organik dan non organik serta guru-guru yang selalu menyampaikan nasihat pentingnya menjaga kebersihan untuk lingkungan sekitar.

Terkait dengan proses belajar mengajar, SMA Negeri 6 Sigi selalu mengaitkan pembelajaran dengan alam sekitar, tidak pandang bulu pelajaran itu. Baik itu sejarah, ekonomi,bahasa, sampai dengan matematika. Hal ini dilakukan agar siswa terbiasa dan mau menjaga alam di sekitarnya. Karena, untuk membentuk karakter manusia yang sadar akan pentingnya menjaga alam bukanlah hal yang mudah. Dari sejak dini anak-anak kita ini harus dibentuk untuk mau memelihara dan menjaga alam sekitar, bukan untuk apa atau kenapa, tetapi karena peninggalan terbesar yang bisa kita berikan terhadap generasi mendatang hanyalah ALAM.